Proses Tecipta Warna Tanaman (Versi Harun Yahya)


Evi saptriyawati

Bila saya bertanya apa warna tanaman? Pasti Anda akan menjawab warna hijau. Iya benar, hijau merupakan warna umum pada tanaman. Warna tersebut berasal dari klorofil (zat hijau daun). Klorofil merupakan pigmen yang terdapat di dalam kloroplas dan tersebar di dalam sitoplasma (cytoplasm) se-sel tanaman. Pigmen-pigemen ini menyerap cahaya dari matahari dengan mudahnya tetapi hanya memantulkan warna hijau.

Fungsi lain dari klorofil adalah terciptanya proses fotosintesis yang sangat menentukan bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Dalam proses ini tanaman memanfaatkan sinar matahari yang terdiri dari berbagai kombinasi warna yang dikenal dengna spektrum cahaya. Ragam warna ini diperoleh dari pembiasan warna dalam sebuah prisma. Perbedaan tingkat energy warna sangat penting bagi tanaman, Karena mereka memerlukan sejumlah besar energy untuk fotsintesis. Proses fotosintesis tanaman menghasilkan karbohidrat yang merupakan salah satu sumber makanan utama bagi makhluk hidup.

keindhan taman bunga

Inilah ciptaan ALLAH, maka perlihatkanlah olehmu kepada–Ku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan(mu) selain ALLAH. Sebenarnya orang-orang yang zalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata. (QS. Luqman, 31:11).

Selain klorofil tanaman juga memiliki pigmen warna lainnya, seperti karotenoid. Ia berwarna kuning dan member warna pada bongo, jagung, lemon, goldenrod dan bunga matahari. Karotenoid lain cenderung berwarna merah seperti yang ditemukan pada bit, tomat, mawar, dan wortel. Karotenoid juga hadir pada daun berwarna hijau.

 Tanya: Terus mengapa semua daun hampir bernuansa hijau, tidak merah atau kuning?

Jawab: karena warna klorofil atau hijuan daun ini sangatlah dominan sehingga warna lain nya tertutupi.

Tanya: Lantas bagaimana dengan perubahan warna tanaman di musim gugur?

Jawab: karena sinag hari semakin pendek, tanaman berhenti membuat klorofil dan kekuatan pigmen yang menghasilkan warna hijau berkurang. Akibatnya warna hijau pada daun memudar. Karotenoid sekarang terlihat membuat daun berwarna coklat, kuning dan merah. Nah warna inilah yang dominan kita lihat dimusim gugur.

 Pada musim gugur juga terbentuknya lapisan terluar daun-daun tertentu yang disebut anthocyanins. Pigmen ini berwarna merah terang dan biru yang berkombinasi dengan warna linnya member warna merah tua dan ungu pada daun seperti yang sering kita lihat.  Informasi tentang semua pigmen yang member warna pada tanaman diatur dalam DNA tanaman tersebut.

Siapkan pemilik cita rasa seni yang tiada duanya ini? Tentu saja ALLAH SWT. Pemilik kerajaan Bumi. Dalam surat Ar-Ra’d, ALLAH menunjukkan pada kita kenyataan bahwa meskipun disirami dengan air yang sama, muncul beraneka ragam pangan dari tanah. SUBHANALLAH.

Photo By Saptriyawati

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dna yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran ALLAH) bagi kaum berfikir.” (QS.Ar-Ra’d : 4).

Tanya: Namun bagaimana bunga-bunga, pepohonan, sayur-mayur dan buah-buahan dapat memiliki sedemikian banyak warna berbeda meskipun mereka tumbuh dari tanah yang sama?

Jawab: ini adalah bukti dari pengetahuan ALLAH yang tidak terbatas dan penciptaan yang dilakukan-Nya tanpa ada model sebelumnya. Mustahil bagi manusia menciptakan sebuah warna baru. Semua warna yng diciptakan manusia merupakan tiruan dari warna asli yang berasal dari alam. Sungguh kita tidak dapat melampaui kuasa TUHAN. ALLAH menciptakan makhluk dalam bentuk yang paling sempurna.

Dialah ALLAH yang menciptakan, Yang mengadakan, Yang membentuk rupa, Yang mempunyai Nama-nama yang paling baik, Bertasbih Kepada-Nya apa yang ada dilangit dan dibumi. Dan Dia-Lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr, 59:24).

Warna –warna ynag diciptakan untuk memikat jiwa manusia. Tugas kita adalah merenungkan tanda-tanda yang diciptakan ALLAH dan bersyukur kepada-Nya.

Categories: Ilmu Pengetahuan, Lintas Cakrawala, Nature | Tags: , , , , , , , | 93 Comments

Post navigation

93 thoughts on “Proses Tecipta Warna Tanaman (Versi Harun Yahya)

  1. Subhanallaah… betapa agung kuasaMu ya Allah….
    semua yang ada, yang kita rasakan adalah bukti kuasaNya, tapi terkadang kita tidak memahaminya…
    Senang dengan artikel2 yg menyisipkan ayat2 Allah,,,,
    salaam

  2. Subhanallah…
    Maka nikmat Allah manakah yang kau dustakan???

  3. ada juga tanaman yang satu sisi daunnya berwarna merah dan sisi lain hijau.

    • iya ada, merah/keunguan bukan?
      yang secara ilmiah dikenal dengan Rhodeo discolor atau adam hawa.
      Sungguh luar biasa ciptaan TUHAN

  4. Wuuih… indahnya…
    betah banget kalo suruh kemping ditempat kaya gini

  5. tanya: kenapa daun pisang di halaman rumahku tetep hijau warnanya meskipun disengat terik matahari? padahal kulit manusia bisa-bisa gosong tuh, mba…

    • itu karena zat hijau daun (klorofil) yang terkandung pada daun tersebut begitu dominan.
      sehingga sepanas apapun matahari menyinari, tetap tidak berpengaruh.
      Dan cahaya matahari yang diterima tanaman akan dimanfaatkan untuk proses fotosintesis.
      Tidak berpengaruh pada pembentukan pigmen (warna daun).

      demikian yang dapat saya jelaskan. Moga dapat memjawab apa yang sudha ditanyakan😀
      terimakasih

  6. betapa Allah memang maha segalanya..

  7. Subhanalllah maha suci Allah yang menciptan alam yang begitu indah dan subur untuk kemakmuran manusia, masihkan kita ingkar kepadaNya…sungguh disekililng kita banyak bukti atas keagunganNya.
    Salam kenal Sapti..

  8. setiap yang diciptakan Alloh selalu memiliki tujuan dan kaitan antara satu dengan yang lain.. subhanallah, kembali diingatkan betapa kompleksnya ciptaan Nya, yang nggak akan ada yang bisa menandinginya.

  9. Salam Takzim
    wah warna Hijau saya suka warna itu dapat menyegarkan mata saya kala pagi, tetapi kenapa ya warna merah yang ada ditulisan ini mengganggu mata saya, izin menyarankan warna merah jangan di padu dengan warna dasar coklat karena akan sedikit mengganggu indra kita, maap
    Terima kasih gan atas kunjungannya kerumah saya dan demikian juga dengan warna yang diberikan
    Salam Takzim Batavusqu

  10. namakuananda

    hijau daun sudah mematri dibenak kita, seperti halnya biru langit🙂

    semua, karenaNya

  11. Assalamu alaikum
    untuk pertama kali , neni datang berkunjung ke laman ukh,
    subhanallah, sungguh Maha Kuasa Engkau ya Allah ya Tuhanku
    tak ada yang dapat menandingiMu .

    semoga rasa syukur selalu tercurahkan dihati kita semua

    luar biasa tulisan anti, …

    salam ukhuwah ukh, semoga dapat menjalin silaturahim yang barokah……

    • AMIN, semoga kita semua termasuk hamba NYA yang selalu bersyukur😀
      Terimkasih juga UKhti atas kunjungannya.

      Jazakillah untuk silaturahmi yang INSYAALLAh akan selau terjalin😀

  12. eh Harus Yahya siapa? *lospokus*

    • Harun Yahya seorang ilmuwan muslim asal Turki,
      Di dunia ilmu pengetahuan ia dikenal dengan nama Harun Yahya,
      aslinya bernama Adnan Oktar.

  13. nambah ilmu nih di sini🙂

  14. indahnya Maha Karya Sang Pencipta…

  15. alhamdulillah kita masih punya mata yang benar-benar masih bisa buat melihat, karena ada sebagian besar kita yang lupa untuk ‘melihat’ Nya melalui ciptaan-Nya

  16. Ikutan mengaji di sini pada malam Minggu. Smoga hari-harinya semakin berwarna cerah seperti dedaunan itu😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  17. berbicara ketuhanan ya emang selalu luar biasa. sayangnya manusia dengan pongah memberangus pepohonan untuk profit dunia yang sementara

  18. Wah, mbak ini penggemar karya Harun Yahya juga ternyata,🙂 …asyik yah, kadang hal-hal seperti ini nggak kepikir, berkesan tiba-tiba ada dan demikian seharusnya…padahal, jika ditelisik asal usulnya..Subhanallah…jadi Ingat Sabda tuhan…”Tidakkah Kamu Berpikir…”

    • iya, SQ juga ya😀
      Benar banget, terkadang hal yang kecil di mata kita, bila dikaji lebih dalam akan menjadi luar biasa.

  19. Allah the Al-Mighty..
    Semoga kita selalu menjadi insan yang penuh syukur dan senantiasa benaung dijalan-Nya..

    Salam kenal😉

  20. Senanng mendapat jawaban kenapa bungan di musim gugur berubah warna?

    Karena saya pernahmemikitkannya sendiri :d

    • Senangnya bila bisa menjawab pertanyaan sista😀
      Sayangnay saya belum pernah kesana😦 semoaga suatu hari nanti🙂

  21. Hijaunya warna daun sangat menyejukkan mata dan mampu menghilangkan rasa lelah

  22. Mbak judulnya yg bener Versi harun Yahya bukan harus hehe
    saya suda liat videonya yg proses terbentuknya alam smesta dan proses terbentuknya MH
    yg menipis ilmuan non ISLAM yg mengatakan adanya EVOLUSI padahal cuma HOAX

  23. Ciptaan Allah begitu sempurnanya..

  24. (maaf) bertanya : itu judulnya benar ya (versi Harus Yahya) ?

    saya kok baru tahu ya, tulisan Haru(S) Yahya.🙄
    saya sering baca Haru(N) Yahya.

    maaf.🙂

  25. memang sesungguhnya apa yg ada di dunia ini, klo kita mau pahami n cermati sesungguhnya didalamnya terdapat tanda-tanda kebesaran ALLAH SWT……..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  26. Dan tiada seorang pun yang dapat menandingi kekuasaan NYA
    Salam persahabatan juga dari evi😀

  27. semua keindahan warna-warni yg terbukti ilmiah dan ajaib karena terjadi atas segala Kuasa-Nya.

  28. saya jd ingat pohon maple. jika gugur ia akan berubah warna menjadi merah.. cantik. kapan ya sy bisa menyaksikan langsung maple2 itu?🙂

    • iNSYAALLAH mbak, bila da umur panjang ;D
      kita nyaksiin nya bareng z mbak, biar romantis gitu,,,hehehe (becanda)

  29. Bukti kebesara Allah… luar biasa ya,,,

  30. mungkin lebih tepatnya versi Harun Yahya berdasar Al Quran atau versi Al Quran dalam penafsiran Harun Yahya..

    gmn???

  31. Menarik…
    saya punya ebook Harun Yahya yang lumayan lengkap..
    Masing2 fenomena alam mempunyai penjelasan saintifiknya

    • Mantap tu😀
      Inilah yang bikin evi senang membaca buku karya Harun Yahya,
      semuanya dikaitkan dengan Al-Quran

  32. kereen niii. nah klo pertanyaan saya, kenapa ya warna merah bisa terlihat merah? dan warna biru tetap terlihat biru? emang apa yang ada di warna itu?? hmmm.. #nasibsiswasmafisikanyagapernahdapetbagus

    • tanaman yang terlihat warna merah dan biru disebabkan oleh pigmen antosianin yang dominan pada tanaman tersebut
      Antosianin ini bertanggung jawab terhadap warna2 merah, ungu ,dan biru pada tanaman.
      Semoga dapat menjawab pertanyaan paibiopai😀

      Terimkasih atas kunjungannya😀

  33. Subhanallah! Sungguh luar biasa kemahabesaran Allah Swt. Betapa besar pula nikmat-Nya kepada kita. Bila sudah begini, betapa kecil manusia. Berkaitan dengan hal ini, betapa tak pantas manusia menyombongkan diri. Orang Jawa pernah berkata, “Lawong ngecet lombok dadi abang ae raiso kok arep sombong.”

    postingan yang sungguh bagus dan inspiratif

    • Setuju mas, tidak sepantasnya kita sombong atas kebesaraan ALLAh yang tiada tandingannya.
      Terimkasih, semoga postingan ini bermanfaat😀

  34. Tulisan yang penuh hikmah dan pengetahuan… skripsi aku juga dulu mempelajari tentang warna pada tumbuhan…🙂

    • Oya? pada tanaman apa mas? menarik sepertinya.
      Terimkasih ya atas kunjungannya mas🙂

      • sebenerya secara gak langsung menyangkut masalah pigmen… warna biru pada tanaman tidak pernah ada… dalam ilmu pemuliaan pun, “path” untuk warna biru itu tidak bisa “nyambung”, sebiru-birunya pigmen adalah delphinidin.. warna birunya agak keunguan yang kemudian melahirkan varietas2 bunga berwarna biru -keunguan…

    • Mantap.ditungu ya ms, hasil penelitiannya, semangat😀

  35. Semoga dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Subhanahu wata’ala

  36. mbak jurusan biologi ya?🙂
    memang nikmat mbak, jk mentadabburi Al-qur’an.

    • Iya sayang, evi jurusan biologi, kamu juga ya?😀

      Inilah kenikmatan jika kita bisa mengkaji AL-quran lebih jauh kemudian kita aplikasikan dalam ilmu pengetahuan.salam kenal😀

  37. Mohon dikoreksi mba, pertanyaan paling awal kayaknya lebih pantes kalo kayak gini,

    Bila saya bertanya apa warna daun pada tanaman?

    Karena kalo ditanyakan warna tanamannya, brati termasuk batang, akar, dsb kan🙂

  38. salam pagii….🙂

  39. salam kenal ya mbak, n makasih sudah berkenan comment di http://blog.umy.ac.id/lintasberita/2011/04/jenis-dosa/#comment-910 oia jika berkenan untuk bertukar link silahkan saja kunjungin Link Otomatis di blog saya, jangan lupa link backnya yah..Terimakasih sebelumnya..

  40. Wew.. emang bagus bgt ya ciptaanNya…
    Gak ada yg bisa nandingi..

  41. postingan ini menunjukkan kita bahwasanya Dia Begitu Agung dan kita begitu kecil
    …………………………….
    salam kenal mbak dikunjungan perdana ini

  42. Iya ya bagus banget,,Bunga itu terkesan indah banget bila mempunyai warna,,jadi tau tentang proses tercipta Warna Bunga

    • Itulah keindahan alam yang diciptakan TUHAN, setiap jengkalnya memiliki keindahan dan arti tersendiri.
      Semoga bermanfaat ya teman😀

  43. Subhanallah…
    Semua ciptaan-Nya adalah hikmah bagi orang-orang yang berfikir
    Salam saya, Saptri…

  44. Fara MJ

    trima kasih atas PENGETAHUANNYA…………….!

  45. mungkin latar nya perlu diubah untuk melihat jelas tulisan mba..oke tulisannya mba numpang copas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: