Asal Mula Bahasa Manusia


Evi saptriyawati

ucapan kata

Photo of Saptriyawati

Bahasa yang kita gunakan sehari-hari merupakan sarana bagi kita untuk berkomunikasi satu sama lain, namun tahukan teman asal mula bahasa yang kita gunakan ini? apakah dari planet di luar sana? Seperti yang diberitakan oleh media harian Serambi Plus, ternyata bahasa yang digunakan pertama kali oleh manusia berasal dari Selatan Afrika. Wah jauh juga ya.

Hasi sebuah studi yang dilansir di Science Magazine edisi 15 April 2011 menggungkapkan, bahwa bahasa yang digunakan oleh manusia pertama kali berasal dari Selatan Afrika. Dari sinilah kemudian bahasa tersebut menyebar ke seluruh dunia. Peneliti dari Universitas Auckland, Selandia Baru, Quentin Atkinson, melakukan studi dengan menelusuri rekam jejak bahasa dengan cara memecah 504 bahasa ke dalam komponen terkecilnya yang disebut sebagai fonem. Fonem berasal dari bahasa Latin, phonema, yang berarti suara yang diucapkan. Penelitian menunjukkan, semakin beragamnya fonem yang dimiliki oleh suatu bahasa menunjukkan bahasa itu menjadi sumber dari bahasa-bahasa lain yang lebih sedikit memiliki fonem.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah semakin jauh sekelompok manusia berkelana dari Afrika dalam rekam jejak sejarahnya, semakin sedikit fonem yang digunakan dalam bahasa mereka. Ini berarti bahwa sebagaimana diprediksikan dalam studi tersebut, bahasa-bahasa di Amerika Selatan dan Kepulauan Pasifik memiliki fonem paling sedikit, sedangkan bahasa-bahasa di Afrika memiliki fonem terbanyak.

Ternyata pola ini juga memiliki kesamaan dengan studi terhadap genetik manusia. Sebagaimana dipaparkan sebagai peraturan umum, semakin jauh seseorang keluar dari Afrika, yang dianggap secara luas sebagai asal muasal nenek moyang manusia, semakin kecil perbedaan antara individu dalam populasi kelompok individu tersebut bila dibandingkan dengan keragaman di daerah asalnya Afrika. Studi Atkinson ini menggunakan metode statistik mutakhir yang sama untuk mengkonstruksikan pohon genetik berdasarkan urutan DNA.

Mengenai penggunaan metode statistik ini dalam mencari sumber bahasa manusia, seseorang ahli bahasa, Brian D Joseph dari Universitas Ohio, mengatakan, sebagai sumber wawasan baru dalam studi dibidangnya. Sebagai informasi tambahan, studi yang dilakukan Atkinson ini unik karena berusaha menemukan akar bahasa dari waktu yang sangat lampau. Tentang umur bahasa pun masih menjadi perdebatan karena di lain sisi ditemukan fakta bahwa umur bahasa telah mencapai 50.000 tahun. Namun disisi lain para ahli bahasa juga masih skeptis dengan fakta sementara tersebut, karena mereka menemukan faktor lain yaitu, perkembangan dari kata-kata yang sangat cepat, sehingga kemungkinan umur bahasa sendiri tidak lebih dari 10.000 tahun lamanya.

Categories: Ilmu Pengetahuan, Tahukah Anda? | Tags: , , , , , , | 91 Comments

Post navigation

91 thoughts on “Asal Mula Bahasa Manusia

  1. Wah kirain mbahas bagaimana bahasa itu terbentuk :D… ternyata mbahas asal mulanya …
    **kayaknya logis kalau bahasa manusia dari afrika… lebih logis lagi kalau afrika yang deket dengan asia yaitu daerah arab:mrgreen:

    kalau asal mula terbentuknya bahasa kira-kira gimana mbak yah ?
    mungkin bahasa isyarat dan mimik mulut😀

  2. pertanyaan yang bagus ne sekaligus menjadi Homework buat saya, hehehe. INSYAALLAH dicari jawabannya, but need times, bersabar ya🙂

  3. wah jauh juga, but kalo saya pikir, apakah bahasanya nabi adam….? menurut saya inilah bahasa pertama manusia, dari sini perkembangan bahasa dimulai. so…., saya tunggu aja dah infonya…..hehehhehe
    ================
    rapot merah KB

    • ini merupakan hasil penelitian seorang ilmuwan non muslim, namun kita sebagai umat Islam tentu saja harus percaya dengan agama kita seperti yang telah tertulis dalam Al-Quran. INSYAALLAH akan saya kaji lebih lanjut tentang hal ini. Terimaksih atas kunjungannya kawan🙂

  4. Salam kenal….Enak nih rumah yang penuh dengan dinding kayu seeeeeeejuk. Masalah urusan asal muaal bahasa dilengkapi dong mbak biar pak guru ini bisa alih informasi ke murid muridnya..he…he

    • Salam kenal juga, senang bisa berkenalan dan berbagi dengn guru karena ayah saya juga guru🙂
      Wah dapat homework baru ni, INSYAALLAH akan saya lengkapi.
      Terimakasih atas kunjungnnya pak guru ke rumah saya yang penuh kayu ini😀

  5. Dony A.

    Eh saya malah baru tahu kalau Afrika itu dianggap sebagai tempat asal nenek moyang manusia😆 Jadi tambah ilmu nih, thanks🙂

  6. bahasa yang digunakan oleh manusia pertama kali berasal dari Selatan Afrika <<< ??…hmmm boleh lah untuk bahan pengetahuan saja saat mendebat….artikel nya menarik…

    salam🙂

    • itu barulah hasil penelitian ilmiah manusia, boleh dipercaya boleh tidak. Hehehe semoga bermanfaat, salam persahabatan juga🙂

  7. Wow, ternyata afrika memiliki kehebatan yang tidak bisa dianggap enteng. Buktinya, asal mula bahasa terbentuk dari sana. Sungguh mereka telah selangkah lebih maju pada waktu itu

    • tepat sekali, tidak selamanya negara yang kita pandang sebelah mata tidak memiliki arti dalam kemajuan hidup manusia.salam kenal🙂

  8. sekarang bahasa udah berubah nich jd bahasa gaul ya ga? hehehehehehehehe…..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  9. whaaaat?? bukannya nenek moyang kita dari Yunan?
    harusnya bahasa yunan dong. *yunan payo*

    • Ya tidak salah juga pendapat bung iwan.
      Ini hanyalah sebagian penelitian menurut Fonem yang digunakan manusia dlam ucapannya sehari-hari,
      sedangkan yang dari Yunani menurut asal usul terbentuknya manusia😀 Pliss CMIIW

  10. mnurut sjarah seh asal mula bahasa kan dri zaman purba yg mncoba brkomunikasi dan terus berkembang😀
    #sooy on #

    • Yups tidak salah juga, inilah penegtahuan😀.
      Makin hari para peneliti suka melakukan hipotesis dan mencoba penelitian baru bila hasil penelitian sebelumnya kurang meyakinkan.

  11. bahasa itulah yang sebenernya membedakan antara manusia prasejarah dengan manusia sejarah.. karena berbahasa, dituangkan dalam tulisan.. bisa membuat manusia lebih beradab.

    penguasaan bahasa itu mutlak, karena dengan bahasa jadi tahu maksudnya apa. nggak nyangka aja ternyata sejarah bahasa sudah berlangsung lama dan rumit.

  12. yah koq komenku ilang.. padahal dah panjang.

    oke, emang bahasa itu mutlak diperlukan. tapi nggak nyangka kalo perkembangan sejarah bahasa sedemikian kompleksnya. nggak nyangka juga kalo asal-usul bahasa yng kita pake berasal dari selatan afrika

    • hehehe, lupa dikasih lem kali makanya tu coment cepat hilang😀
      Iya, ini baru sepenggal perjalanan dari penelitian ilmiah para ahli, bila dikaji dari segi yang lain, mungkin sedikit berbeda.

  13. Baru tau nih kalo awalnya bahasa berasal dari Afrika Selatan… Kalo yang menemukan bahasa kalbu siapa mbak…🙂 Salam Kenal

    • tentunya sang pncipta yang diilhami dari diri manusia itu sendiri.
      salam kenal kembali, terimakasih atas kunjungannya😀

  14. Dari afsel…?Masa sih awal bahasa dari sono…?

    • ini merupakan hasil penelitian sementara dari para peneliti berdasarkan fonem dari bahasa yang digunkan oleh manusia.
      Hipotesis lain bisa saja membantah hasil penelitian ini, dan para ahli disana sedang berusaha untuk mencari bukti lebih lanjut tentang asal usul bahasa ini😀

  15. salam kenal ya kunjungan pertama nih, btw kalo bahasa jawa punya berapa fonem??

  16. wah, bahasa pertama berasal dr surga….
    krn manusia pertama tercipat adalah Adam dan kemudian Hawa yg sempat tinggal di surga…
    itu keyakinanku
    :-s

  17. saya malah lagi penasran menelusuri bahasa asli maluku..😀 walo akhirnya pasti lari ke aprika juga kayaknya nh😀

    • sedang melakukan penelitian ya?
      bila dilihat dari perwakan dari ciir masyarakat maluku sepertinya sih iya😀
      selamat meneliti

  18. assalamu ‘alaikum..
    oh ternyata penemuan setelahnya juga membantu riset ya Mba…
    baru tahu saya

    • Waalaikumsalam.

      Iya, setiap penelitian yang dilakukan terus berlanjut,
      bahkan dapat mematahkan hipotesis dan teori awal yang telah ada😀

  19. Terus bahasa Jawa yang sering saya pakai ini berasal dari negerinya Nelson Mandela❓ besok kalau berkunjung di Indoneisa akan saya ajak ngomong bahasa jawa alus😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • sepertinya sih Iya, saya belum menelusuri sejarah bahasa jawa lebih lanjut,
      tapi sekilas saya baca ada hubungannya dengan kaum Hindu😀

      Salam hangat juga dari Aceh🙂

  20. sayyidahali

    rada bingung nih..bukankah manusia pertama adalah Adam,,(kalau di alquran sih,bahasa adam,adalah bahasa arab)Allahu a’lam.dan adam pun diturunkan kalau ga salaaah di india,,Allahu a’lam..
    salam kenal

    • selaku umat islam tentunya kita harus percaya dengan apa yang telah diberitakan dalam Al-quran.
      Namun,seperti yang telah dijelaskan di artikel,
      ini hanya sekedar peneliti ilmuwan berdasarkan fenom bahasa yang digunakan oleh manusia😀

  21. hehehe… iya ada benarnya.
    kalo bahasaku bermula dari bahasa ibu🙂

    salam

  22. kira2 gimana ya mba bahasa pertama di dunia itu? gimana ngomongnya..😀

    • bila secara Islam tentunya kita percaya bahwa sejak turunnya Nabi Adam dan Hawa pertama kali ke bumi, mereka sudah dapat berbicara layaknya manusia sekarang dengan bahasa Arab tentunya. Namun dari segi pengetahuan yang kerap dilakukan para peneliti, sepertinya manusia jaman dulu masih menggunakan bahasa tubuh, mimik wajah, dan gerakan tangan. Untuk revensi lengkapnya saya juga belum dapat.

      Senang bisa bediskusi seperti ini , semoga bermanfaat😀

  23. loh … komentku gak terkirim nich …!!!
    gak kebayang ya kalo gak ada bahasa di dunia ini ya … gimana berkomunikasinya
    makasih ya telah berkunjung di rumahku

    • masih harus di konfirm dulu kali comentnya😀
      Bila tiada bahasa, tentunya kita tidak bisa berkomunikasi satu sama lain, silaturahmi pun tidak terjalin. Maka bersyukurlah dengan adanya bahasa ini😀

      salam😀

  24. dan bahasa kita adlah bahasa indonesia hahahahah yg jarang digunakan selain dalam tulisan ahhahahahaha

  25. kelak orang Aceh juga akan berjuang untuk mencari tahu siapa yg memulai mengenalkannya pada dunia😀

  26. Ooo, begitu ya, jadi tambah pengetahuan nih. Makasih banyak ya… sungguh postingan yang menarik.

  27. owh gitu yha mbak, tp kok masih ada yang ganjel ya di pikiran ku, maksudnya gini, antara fakta penelitian, sejarah dan sudut pandang dari agama, kadang ada yg tidak match, apakah kira2 ada mata rantai ilmu pengetahuan yang terputus?

    just questions mbak, hehehe

    • semakin maju ilmu pengetahuan, semakin canggih alat, semakin pintar seseorang semakin banyak yang ingin diteliti dan dicari tau.
      itulah manusia. semua berpulang pada keyakinan kita masing2. Masih ingatkah dengan teori evolusi Darwin?
      seperti itulah Ilmu pengetahuan yang bermula dari sebuah hipotesis.
      Ingat, hipotesis dna teori dapat terbantah dengan kemajuan pikiran manusia serta perkembangan zaman ::
      so tetaplah pintar dalam memilah sesuai dengan keyakinan kita😀

  28. Dari literatur lain, saya baca beritanya kalo awal bahasa itu dari Daerah sekitar Mediterania, sekitar Irak gitu lah..

    • semua tergantung dari segi mana sang peneliti melihat hipotesis yg dibuatnya.
      jika artikel yg saya posting ini merupakan hasil penelitian berdasarkan fonem.
      Penelitian ini juga belum selesai bahkan mendapat bantahna dari beberapa peneliti dan akan dilakukan penelitian ulang,
      Oya mas, boleh donk di share k esaya link nya, buat tambahan ilmu😀
      terimakasih

  29. hmmm.. jadi begitu tho???

    *manggut-manggut

  30. Roby

    Semua bahasa daerah di Indonesia bilang kalau 3(tiga) = telu

  31. kebetulan baru baca artikel ini di kompas 2 minggu yg lalu.

    klo saya sih oke oke ajalah. mau dari selatan afrika, mediterania, india, atau bahkan kepulauan sunda. toh kebenarannya masih sebatas hipotesis.

    klo hipotesis saya mah, asal mula bahasa ga jauh dengan asal mula tulisan. meskipun tulisannya kayak ceker ayam kejepit. hehehe…

    apakah kamu percaya evolusi?

    • iya benar sekali, semua merupakan suatu hipotesis yang harus dilakukan kajian ilmiah lebih lanjut.
      Jika yang dimaksud teori evolusi Darwin, tentu saya tidak percaya

  32. waw,. afrika?, masa sih ya?, unik sekali,.

    • ya begitulah, ini baru hasil penelitian sementara berdasarkan fenom yg digunakan dalam bahasa manusia. Kmeungkaianan akan ada hipotesis lain dari peneliti lain tentang asal usul bahasa ini😀

  33. youup,, betul ituu.. ane juga lagi pnilitan DNA nya orang2 di indonesia..

    • Wah menarikm ne, apa seluruh suku di INdonesia di tes DNA nya atau hanya perwakilan bberapa daerah saja, Random ?

  34. jadi tahu asal mula bahasa manusia….jd menambah wawasan.

  35. Hah??Bukannya Nabi Adam sebagai awal mula adanya bahasa?

    • Memang secara ISLAM sepatutnya kita percaya dr Nabi ADAM, namun inikan hanya sebagian pendapat dna penlitian para ahli yang melakukan atas fonem kata yang sering digunakan😀

  36. Afif

    Air/Water mungkin bahasa terbentuk sesuai dengan wujud yang tertangkap oleh panca indera pada setiap diri manusia, sepertinya semua itu telah di atur,,,

  37. Satria Viduka

    klu menurut sy si,bhs yg pertama digunakan manusia adalah bhs Arab.
    alasanx ; 1. bhs surga itu bhs arab 2. krn nenek moyang kita Nabi Adam As dan Siti Hawa dr surga dan mrk menggunakan bhs itu. 3. Allah berfirman/menurunkan wahyux kepada para Rosul juga menggunakan bhs arab. 4. Al Qur’an juga berbahasa arab.

    • iya saya setuju dengan mas satria…
      ketika di kanotor saya bertemu dnegna teman saya yg kebtulan dr sana..
      ketika saya mennyakan tentang hal ini, iya membenarkan memang ada bahasa dr salah satu suku di afrika yg berbahsa arab…saya lupa nama bhsanya… jika saya bertemu dy saya mencoba share kembali…
      daerah tersebut memang kdt dngn arab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: