Tips Cerdas Gemar Membaca


Evi saptriyawati

Buku adalah seperti makanan, tetapi makanan untuk jiwa dan pikiran. Buku adalah obat untuk luka, penyakit dan kelemahan-kelemahan perasaan dan pikiran manusia. Jika buku mengandung racun, jika buku dipalsukan, akan timbul bahaya kerusakan yang sangat besar. (Ali Syari’Ati).

Iqra’ itulah wahyu pertama yang diturunkan ALLAH kepada Rasullullah Muhammad SAW. Membaca, ya bacalah engkau dengan menyebut nama Tuhanmu. Begitulah agama sangat menganjurkan kita untuk gemar membaca. “Banyak baca, banyak tahu”, begitulah peribahasa yang menyiratkan bahwa dengan membacalah seseorang menjadi pintar, menjadi orang cerdas dan berpengetahuan.

Namun terkadang, kegemaran kita akan membaca terhalang oleh sifat malas dan rasa bosan ketika melihat buku-buku yang sedang kita baca. Berikut ada beberapa tips yang saya kutip dari majalah Muslimah untuk Anda yang punya hobi bahkan ingin membaca namun urung untuk mengerjakannya.

1. Anggaplah buku seperti makanan favorit.

Berikut beberapa persepsi salah tentang buku yang wajib kita hilangkan:

  • Saat membaca buku yang sangat tebal terutama buku pelajaran dan ilmiah, pasti kita akan merasa illfeel. Untuk menghindari hal ini mari kita ubah cara pandang kita tentang buku.
  • Buku bukanlah sesuatu yang harus kita benci, malah seharusnya kita cintai karena buku adalah gudang ilmu. Anggaplah buku sebagai makanan favorit kita. Pilihlah buku-buku yang sesuai dengan keinginan kita.
  • Bila makanan kesukaan Anda sudah ada didepan mata, pasti kita langsung mencicipinya. Hali ini juga berlaku pada buku. Cicipilah buku dengan cara membaca biografi pengarangnya dulu.
  • Lama kelamaan makanan tersebut pasti akan sobat makan sedikit demi sedikit. Bacalah buku tersebut layaknya Anda sedang ngemil.

2. Tumbuhkan minat baca.

  • Cari buku yang menarik untuk kita baca. Tak peduli meskipun itu hanya komik.
  • Semua jenis buku sudah dicari, tetapi belum ada yang menarik hati? Cobalah mengingat-ingat, jenis buku apa saja yang beberapa waktu terakhir ini kamu baca. Lalu ingat kembali apa isi buku tersebut dan apa yang membuat kamu tertarik untuk membacanya.

3. Panduan membaca buku.

  • Cobalah memulai dengan melihat daftar isi terlebih dahulu, lalu bagi menjadi bacaan primer, sekunder, kemudian tersier. Bacaan primer untuk sub judul, atau bab yang kita inginkan. Sedangkan bacaan sekunder adalah bab atau sub judul sisa dari bacaan primer. Dan bacaan tersier seperti membaca kata pengantar, daftar pustaka, dan biografi.
  • Bisa juga dicoba membaca buku dengan membaca kata pengantarnya terlebih dahulu terus diikuti halaman berikutnya sampai halaman daftara pustaka.
  • Dengan cara yang acakpun dapat kita lakukan. Meskipun acak kita berhak memilih halaman mana yang layak untuk dibaca.

4. Pahami buku secara cepat dengan cara:

Sebelum membaca buku biasakanlah bertanya, apa manfaat yang akan diperoleh dengan membaca buku ini?

  • Saat membaca, biasakanlah tidak melewatkan satu katapun yang tidak dimengerti. Terus bacalah sampai Anda benar-benar paham.
  • Usahakanlah untuk tidak terus menerus membaca, cobalah mengistirahatkan sejenak mata dan otak kita.
  • Berapapun halaman yang Anda baca, coba ambil kesimpulan darinya. Lalu tuliskan ulang ke buku dengan kata-kata sendiri. hali ini melatih Anda untuk merekam apa yang telah Anda baca.
  • Saat membaca usahakan terus bertanya tentang yang dibaca sehingga rasa ingin tahu semakin meningkat dan kitapun semakin semangat membaca bukunya.

5. Tingkatkan Jenis Buku yang akan dibaca

  • Jenis buku yang kamu sukai adalah komik, lalu bacalah komik sebanyak-banyaknya.
  • Kemudian cobalah, baca buku lain yang lebih tinggi levelnya secara bertahap. Misalnya saja dari komik ke teenlit, lalu majalah, novel, dan seterusnya hingga mencapai buku yang lebih sulit, tebal, dan isinya teks semua.

Selamat mecoba dna tumbuhkan minat membaca Anda dari sekarangšŸ™‚

Categories: Lintas Cakrawala | Tags: , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Tips Cerdas Gemar Membaca

  1. Dony A.

    Rajin baca timeline Facebook masuk kategori rajin membaca juga gak? *mangap*

    • hahaha, jangan terlalu lebar mangapnya. Tentu saja, twitter juga.Tapi alangkah lebih baik bila kita membaca yang bermanfaat, walaupun cuma satu kalimat super pendekšŸ™‚

  2. kalow saya sudah kecanduan bacašŸ˜€

  3. kalo aku suka buku paling sjenis komik mbak,,tpi pljran sdkit suka,,jadi males bacanya
    harus hilangkan tuhh..

    • dipancing dengan membaca komik terlebih dahulu juga boleh, yang penting perlahan minat emmbaca kita ada. Mari budayakan membacašŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: