Jabir Ibn Aflah VS Ptolemeus


Evi saptriyawati

photo learn-math.info

Sang ahli ilmu astronomi dan matematika ini memiliki nama lengkap Abu Muhammad Jabir Ibn Aflah. Lahir di Andalusia, tepatnya di Kota Sevilla tahun 1100. Di kalangan para intelektual barat, ia dikenal dengan nama Geber. Reputasinya mulai melejit setelah beberapa karyanya diterjemahkan kedalam bahasa Latin sejak abad 13. karya dan pemikirannya memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan sains dan ilmu pengetahuan di Barat.

Menurut beberapa sumber, seperti dalam bukunya Moimonides yang bernama asli Abu Imran Musa ibn Maymun berkata, bahwa ia pernah berkata untuk Jabir, seseorang yang sangat berdedikasi tinggi dalam penelitian demi menghasilkan hasil terbaik serta akurat. Ia merupakan astronom muslim pertama yang membangun observatorium Giralda yang terletak di Kota kelahirannnya, Sevilla. Jabir mulai terkenal di kalangan para intelektual Timur dan Barat setelah mengemukakan pendapat dan penentangannya terhadap konsep Ptolemeus, sehingga ia dijuluki “Sang Penentang Ptolemeus” oleh Copernicus, seorang filsuf serta cendekiawan kondang.

Ptolemeus merupakan seorang cendekiawan Yunani yang sanagt legendaris, ia juga seorang astronom. Begitu banyak karya-karya beliau yang dikoreksi oleh Jabir. Salah satu diantaranya adalah risalah Ptolemeus yang sangat terkenal, Almagest. Naskah pengetahuan ini memiliki pengaruh yang besar bagi pembentukan ilmu astronomi Islam sepanjang abad pertengahan. Almagest telah diterjemahkan kedalam bahasa Arab sejak abad 9. Buku ini memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan perhitungan matematika-astronomi di dunia Islam. Jabir sangat tertarik untuk melakukan observasi lanjutan terhadap buku tersebut. Karya ilmiahnya tersebut dituangkan dalam buku Islah al Majisti (Koreksian terhadap Almagest), pada beberapa bagian ia mengoreksi padangan, perhitungan, dan teori Ptolemeus terkait fenomena benda-benda angkasa. Ia mengoreksi letak dua planet kecil, venus dan merkurius yang menempatkan kedua planet ini berada antara bulan dan matahari. kedua planet ini tidak terletak pada jalur lintasan planet yang mengelilingi matahari. Jabir mengoreksi pernyataan tersebut dengan menempatkan venus dan merkurius lebih dekat ke bumi daripada matahari.

Jabir juga terkenal sebagai mate-matikawan andal yang mampu membahas secara akurat perhitungan trigonometri. Sistem ini digunakan pada kajian astronomi dalam menentukan jarak dan letak sebuah planet atau benda angkasa secara tepat. Oleh karena itu ia menggunakan bentuk lingkaran trigonometri menggantikan teorema Menaleus.  Ia juga mempelopori formula cos B=cos b. sin A, cos C=cos A.cos B yang diterapkan pada segitiga siku-siku. Pemikirannya dinamakan “Rule of the Four Magnitudes”. Ilmuwan muslim ini berpandangan bahwa empat elemen, antara lain ruang, waktu, dimensi, dan jarak punya kedudukan penting pada perhitungan astronomi yang dapat dikalkulasikan melalui metode angka serta tabel.

torquetum | photo wikipedia.org

Ia dan beberapa astronom terkemuka lainnya mampu bekerja memperbaiki sistem parameter dan model tata surya Ptolemeus dan menyempurnakan model instrumen angkasa yang disebut torquetum. Fungsinya untuk mengukur koordinat maupun gerakan benda-benda langit. Peralatan itu ditemukan oleh Ilmuwan Barat, Bernard dari verdum dan Franco dari Polandia pada abd 13. Alat ini dapat dikatakan sebagai kalkulator astronomi, juga mampu menentukan posisi komet. Ini merupakan alat pertama untuk mengobservasi komet maupun meteor.

Karya serta pemikiran Jabir ibn Aflah menjadi rujukan yang sangat berharga baik di timur maupun Barat. Tradisi astronomi bangsa Yahudi banyak mengutip pandangan ilmiah Jabir. Nama Jabir dikenang dalam tinta emas sejarah kejayaan peradaban Islam serta tertera pada deretan ilmuwan Muslim yang berpengaruh pada bidang sains dan pengetahuan.

Categories: Ilmu Pengetahuan | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Jabir Ibn Aflah VS Ptolemeus

  1. A genuinely excellent publish by you my friend. I’ve bookmarked this page and will occur back following several days to examine for any new posts which you make.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: