Tanda Mata Yang Hanya dapat Dilihat Oleh Kita


Evi saptriyawati

  • FLOATERS

Floaters atau secara medis dikenal sebagai opasifikasi atau kondensasi secara kasat mata terlihat seperti bercak atau bintik yang mengambang di depan mata. Biasanya terlihat seperti bintik-bintik, jaring laba-laba, rambut, partikel debu, atau serangga kecil yang melayang-layang pada bidang penglihatan Anda. Benda-benda tersebut sebenarnya tidak ada dipermukaan mata dan apabila Anda menggosok mata, benda tersebut tidak akan lenyap. Malah dapat mengakibatkan gumpalan-gumpalan kecil vitreous humor, sebuah cairan mirip jelly di bagian dalam bola mata. Floaters ini akan terlihat jelas ketika Anda melihat sebuah benda dengan latar belakang berwarna terang yang solid. Seperti dinding putih atau langit biru yang jernih dan hanya berlangsung beberapa menit saja. Floaters pertama kali muncul saat remaja dan semakin berkembang sesuai dengan pertambahan usia. Ini dikarenakan cairan vitreous mulai bergerak meninggalkan retina ketika kita menua. Iris-irisan kecil jel tersebut kemudian pecah dan mengambang dalam wilayah penglihatan kita.

Ini merupakan salah satu tanda penuaan yang mengganggu dan bisa menjadi masalah yang serius. Hujan Floaters yang mendadak menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti sobek atau retina yang terlepas. Retina yang terlepas merupakan suatu keadaan darurat medis yang membutuhkan penanganan segera. Jika tidak ditangani dengan benar dapat menimbulakan kebutaan permanen.

Tanda bahaya : Apabila Anda mengalami perubahan mendadak dalam penglihatan terutama jika Anda mulai mengalami penglihatan ganda atau penglihatan mulai kabur, segera hubungi dokter Anda atau Ke UGD terdekat. BIla baru-baru ini Anda pernah terluka di bagian kepala atau wajah, itu mungkin suatu pertanda gegar (concussion). Jika tidak, kemungkinan suatu pertanda kondisi serius yang memerlukan penanganan medis segera.

  • KILATAN
    Fosfen atau kilatan bisa terlihat ketika mata kita sedang membuka atau menutup dan sering kali muncul disekeliling penglihatan dan berlangsung selama beberapa detik. Beberapa orang berkata kilatan-kilatan ini mirip bintang jatuh, yang lainnya menggambarkan sebagai “Hujan Cahaya”. Sensasi melihat kilatan cahaya disebut fotopsia. Para pelajar, penulis, dan yang sering begadang terkadang  mengalami fotopsia kalau mereka kurang tidur atau setelah lelah semalaman bekerja. Selain sakit kepala, bersin atau menggosok mata dengan kasar bisa memulai hujan kilatan ini.

 

cahaya yang begitu menyilaukan dapat menyebabkan kerusakan pada mata

Tanda bahaya: Kilatan yang semakin banyak atau kilatan yang muncul bersamaan dengan Floaters, bisa jadi tanda sobeknya retina, terlepasnya retina, atau terlepasnya cairan vitreous akut dan semuanya membutuhkan penanganan medis segera. Bahkan ketika kondisi-kondisi ini diobati, kilatan mungkin akan tetap ada selama beberapa bulan.

Kilatan yang muncul sesekali normal dan tak perlu dicemaskan. Sebagian besar kilatan, seperti halnya floaters adalah tanda penuaan yang normal. Namun yang terus-menerus muncul merupakan tanda tekanan darah rendah, terutama jika terjadi setelah Anda bangkit berdiri dengan cepat. Kilatan ini juga bisa menjadi pertanda sakit kepala migrain. Kilatan cahaya  merupakan tanda yang disebut aura, yaitu visual paling umum akan datangnya migrain. Kejang otot pembuluh darah di otak yang menyebabkan kilatan-kilatan ini.

Tanda peringatan : Baru-baru ini, Nurses’Health Study yang terkenal ini menemukan bahwa perempuan yang menderita migrain yang didahului dengan aura visual beresiko terkena serangan jantung atau stroke. Namun, peneliti belum tau apakah sama resikonya pada lelaki.

Pada beberapa penderita migrain mengalami aura visual namun tidak mengalami sakit kepala. Selain kilatan mata, migrain jenis ini disebut Migrain oftalmik (silent migrain) yang dapat menyebabkan gangguan visual lainnya. Begitu pula dengan mual dan hidung tersumbat. Resikonya dapat mengalami migrain bertahun tahun.

  • VISI atau PENAMPAKAN (PHANTOM VISIONS)

Tanda-tanda klasik, melihat burung terbang, melihat bunga-bunga khayalan atau musang yang bersenang-senang yang sebenarnya tidak ada, namun dimata Anda mereka semua seperti ada. Ini adalah pertanda Sindrom Charles Bonnet. Pada kondisi ini orang-orang sehat secara mental melihat visi penampakan, sebuah bentuk halusinasi visual. Penderita sindrom ini tidak seperti orang-orang psikotik yang sadar bahwa visi mereka tidak nyata. dan visi mereka tidak pernah diiringi oleh halusinasi pendengaran, sebuah tanda psikosis yang umum.

Orang-orang dengan visi penampakan mungkin akan kehilangan penglihatan mereka. AMD (Age-related Macular Degeneration) merupakan penyakit mata degeneratif serius dan paling umum yang merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang dewasa. Perempuan, orang kulit putih, orang dengan warna mata terang, perokok, dan orang gemuk yang sanagt beresiko terserang penyakit ini. AMD juga penyakit yang dapat diwariskan dalam keluarga.

Tanda peringatan : berikut adalah tanda-tanda Age-related Macular Degenaration :

  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan lemah pada malam hari
  • Garis lurus tampak bergelombang atau bengkok
  • Penglihatan pusat yang lemah atau titik-titik kosong di tengah-tengah area penglihatan
  • kesulitan mengenali wajah
  • Kesulitan menyesuaikan dengan kondisi cahaya lemah
  • Kesulitan yang bertambah dalam melihat benda-benda yang jauh
  • Kesulitan membedakan warna atau warna tampak redup
  • Kesulitan dalam melihat benda-benda yang jauh
  • Kesulitan membedakan warna
  • Kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas yang perlu ketelitian, seperti menjahit atau membaca.
  • Visi penampakan

Kalau visi penampakan terjadi pada mereka yang berpenglihatan normal, itu menandakan penyakit Alzheimer,  Parkinsons, stroke, atau kondisi saraf lainnya.

  • SENSIVITAS CAHAYA

Fotofobia, sebuah kondisi “takut terhadap cahaya”. Sensivitas cahaya lebih sering terjadi pada orang bermata biru dan penderita migrain. Fotofobia bisa menandakan gangguan-gangguan mata seperti katarak, terlepasnya retina, dan abrasi kornea. Bisa juga merupakan reaksi dari obat-obat an seperti tetrasiklin, doksisiklin, belladonna, bahkan kina, bahkan merupakan defisiensi vitamin B2.

 

  • BUTA SENJA

Penyakit ini menyebabkan kita sulit melihat apa yang ada digelapan, secara medis disebut niktalopia, salah satu tanda penuaan dan sanagt mengganggu. Buta senja dapat menybabkan katarak, dan pertanda kekurangan vitamin A (retinol) yang dapat membuat kornea sangat kering dan menyebabkan kerusakan retina. Jika penyakit ini terjadi pada Anda yang masih muda, ini merupakan pertanda awal kondisi genetis yang disebut retinitis pigmentosa, sebuah penyakit degeneratif yang menyerang retina. Pada beberapa kasus dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada penglihatan Anda.

 

  • PERUBAHAN WARNA PENGLIHATAN

Di kalangan pecandu LSD (sejenis obat-obat ilegal kuat yang mempengaruhi pikiran dan membuat orang-orang merasa melihat dan mendengar hal-hal yang sebenarnya tidak ada), dan mereka yang menggunakan halusinogen, ,melihat benda-benda berubah warna merupakan pengalaman yang cukup biasa atau justru menjadi yang paling dicari. Tapi bagi kita yang bukan pemakai obat-obatan, penyakit seperti ini dikenal dengan  kromatopsia yang merupakan tanda awal penyakit mata diabetik. Bahkan fluktuasi  tingkat gula darah sedikit saja bisa dengan sangat cepat menimbulkan perubahan penglihatan.  Bila Anda penderita diabetes, distorsi penglihatan warna ini bisa menyebabkan Anda sulit mengontrol gula darah dengan menggunakan  strip tes urine berkode warna. Maka hindarilah kue.

 

 

 

 

 

 

Categories: Kesehatan | Tags: , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: