Desember Beku di Eropa


Evi saptriyawati

Perayaan natal tahun ini begitu berbeda bagi masyarakat eropa. Salju dan pohon natal tetaplah ada, namun kesempatan untuk dapat merayakan natal bersama anggota keluarga tidak dapat dirasakan oleh sebagian masyarakat eropa, terutama para mahasiswa yang kuliah di daerah lain. Menurut Eurocontrol, lebih dari 22.000 penerbangan di seluruh Eropa dibatalkan karena jalur transportasi yang terganggu dengan turunnya salju diluar batas normal. Badai salju dan suhu dingin di bawah nol derajat Celsius.

Dampak buruk tidak hanya melumpuhkan jalur transportasi, bahkan membuat orang marah, frustasi, dan stress. Contohnya, seorang warga Schnellenbach yang tinggal di sebuah kota kecil di Jerman dibunuh oleh tetangganya gara-gara saling lempar tanggung jawab siapa yang seharusnya membersihkan salju di lorong depan rumah mereka.  Harian Blid melaporkan , korban bernama Wolfgang K tewas setelah kepalanya dipukul dengan sekop oleh Abdullah I. momen yang tepat untuk berbagi kasih bagi umat Kristiani menjadi ajang pembantai hanya karena salju. Sungguh sangat disayangkan.

Pembatalan transportasi ini berlangsung di London, Paris, Frankfurt, Amsterdam, dan Brussel. Kondisi salju yang paling buruk terjadi di Inggris, dua pekan terakhir salju turun menutup apa saja dengan ketebalan 10-20 cm. Gangguan es pada pesawatpun tak dapat dihindari. Es pada pesawat menyebabkan gangguan aliran udara, mempengaruhi daya angkat pesawat dan membuat pesawat sulit dikendalikan. Lapisan tipis es setebal cakram padat dapat mengurangi daya angkat sampai 25% atau lebih.

Menurut ramalan, Desember ini akan menjadi bulan terdingin pada abad sekarang. Di Irlandia suhu terendah mencapai minus 17,6 derajat Celsius. Menurut para pakar, pemanasan global merupakan salah satu penyebab perubahan cuaca yang sanagt ekstrem ini. Iklim yang hangat menyebabkan banyak uap air di udara yang mengakibatkan badai, termasuk badai salju. Cuaca yang buruk ini dapat menyebabkan kematian.

Suhu udara beberapa kota penting Eropa (dalam derajat Celsius)

  • London, terendah : -3 ; tertinggi : 4
  • Amsterdam, terendah : -8; tertinggi: 0
  • Brussels, terendah: -4; tertinggi: 2
  • Berlin, terendah: -14; tertinggi: -2
  • Paris, terendah: -4; tertinggi: 1
  • Frankfurt, terendah: -4 ; tertinggi: 3
  • Geneva, terendah: 1; tertinggi: 8
  • Zurich, terendah: -2; tertinggi: 0
  • Roma, terendah: -3; tertinggi: 10

(Data suhu udara tanggal 21 Desember 2010)

Antrian calon penumpang kereta api yang akan ke daratan Eropa mencapai beberapa ratus meter dari St Prncras di kota London. Eurostar selaku operator kereta api lintas Inggris dan daratan Eropa, meminta calon penumpang untuk membatalkan perjalanan jika hal tersebut mungkin dilakukan. Dua dari empat landasan bandara di Bandara Charles de Gaulle, Paris salah satu bandara terbesar di daratan Eropa, masih tutup dan sekitar 40 penerbangan dibatalkan serta 13.000 calon penumpang terlantar. Otoritas bandara menjelaskan, masih ada 3.000 orang bermalam di terminal.

Hampir semua otoritas  bandara di Eropa bekerjakeras membersihkan landasan pacu secara bergantian agar dapat beroperasi normal meski jumlah pesawat yang dapat beroperasi terbatas. Di Brussels, akibat kekurangan garam untuk mencairkan salju di landasan pacu, bandara ditutup.

Categories: Lintas Cakrawala | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: