Ikan Salmon Jepang


Evi saptriyawati

 

photo mediaindonesia.com

IKAN salmon Jepang yang dianggap telah punah sekitar 70 tahun lalu ternyata ditemukan masih hidup di sebuah danau dekat Gunung Fuji.

Spesies salmon yang dikenal dengan nama black kokanee atau kunimasu dianggap telah hilang sejak 1940. Saat itu proyek hidroelektrik mencemari danau yang menjadi habitat asli ikan tersebut dengan kadar asam yang tinggi.

Sebelum hal itu terjadi, usaha menyelamatkan kelangsungan hidup spesies tersebut telah dilakukan dengan memindahkan 10 ribu telur salmon ke Danau Saiko. Namun laporan terakhir menyatakan bahwa usaha ini gagal.

Namun, Tetsuji Nakabo, seorang profesor dari Universitas Kyoto yang memimpin riset di Danau Saiko menyatakan bahwa timnya telah menemukan kembali spesies itu sekitar 500 kilometer dari habitat aslinya.

“Saya sangat terkejut sebab ini merupakan spesies ikan yang sangat menarik. Penemuan ini sangat berharga. Jadi kita harus melindunginya dan tidak membiarkan ikan ini (kunimasu) hilang kembali,” ujar Nakabo.

Spesies ikan Salmon yang ditemukan memiliki panjang 30 sentimeter dengan bagian atas berwarna kehitaman dan bintik-bintik hitam di tubuhnya. Danau Saiko memiliki lingkungan dan ekosistem yang cukup baik untuk spesies ini bertahan hidup.

Ia berharap agar para nelayan tidak menangkap jenis ikan langka ini. Danau Saiko berada di wilayah pegunungan Fuji yang populer di kalangan turis dengan pemandangan dan pemandian air panas

Categories: Lintas Cakrawala | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: