Misteri Nama di Tengah Keindahan Pantai Lovina Buleleng Bali


Evi saptriyawati

 

photo belita.balihita.com

Belum ada sumber akurat mengenai asal mula nama pantai dengan daya tarik lautnya yang begitu indah di pandang mata. Menurut putra-putra  almarhum Anak Agung Panji Tisna, keturunan Raja Buleleng dan sastrawan yang terkenal, nama pantai ini diberikan oleh almarhum atas tempat milik almarhum di Desa Kaliasem. Disinilah bungalow untuk pertama kalinya dibangun oleh almarhum sebagai tempat peristirahatan.  Konon nama Lovina diambil dari nama hotel kecil di India “Lafeina”. Di hotel ini alamarhum pernah menginap dan menulis buku dengan judul “Ni Ketut Widhi” yang telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa.

Ada versi lain mengatakan nama Lovina diberikan karena ada dua pohon yang ditanam oleh putra beliau yang kemudian tumbuh saling mengikat. Lovina dalam bahasa latin berarti saling mengasihi atau saling manyayangi. Nama Lovina kemudian oleh Bupati Buleleng periode 1988-1993 Ketut Ginantra diartikan , sebagai singkatan dari LOVE and INA yang diartikan sebagai Cinta Indonesia.

photo beritadaerah.com

Kawasan pantai ini sangatlah tenang, pasirnya kehitam-hitaman, serta keindahan karang dan ikan nya sangat memikat mata. Airnya yang tenang  sangat cocok bagi Anda yang hobi menyelam, snorkling , berenang, memancing, berlayar, mendayung, atau hanya sekedar berendam di laut. Daya tarik lainnya yaitu Dolphin atau lumba-lumba dalam habitat aslinya. Kurang lebih 1 km lepas pantai, ratusan lumba-lumba dapat kita lihat di pagi hari. Sementara, kawasan ini menjadi kawasan wisata di Buleleng. Akomodasi penginapan yang disediakan antaralain hotel Melati, hotel Bintang, Pondok Wisata, restaurant dan fasilitas lainnya. (travelling-indo) tag: pantai, bali, buleleng, Lovina, penginapan, lumba-lumba, bungalow, NI ketut widhi, hotel, india, memancing, snorkeling, berlayar, laut., dolphin

 

 

Categories: Travelling | Tags: , , , , , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Misteri Nama di Tengah Keindahan Pantai Lovina Buleleng Bali

  1. Sumber kegalauan sejarah lahirnya Lovina adalah adanya informasi yang tertera di dinding beton yang dibangun di sebelah timur dekat patung lumba-lumba di pantai Bina Ria desa Kalibukbuk. Informasi itu tentu ditujukan untuk wisatawan asing, karena ditulis bahasa Inggris.
    Namun informasi tersebut berisi perihal Lovina, yang menjelaskan bahwa tidak terdapat bukti asal mula Lovina. Lho kok aneh. 1 Yang menulis menyatakan ketidak-tahuannya apa yang dia tulis sendiri. Aneh, mengapa ia menulis kalau tidak tahu? 2. Apakah kira-kira untuk wisatawan informasi itu ada gunanya? Atau sengaja mengaburkan untuk tujuan apa?
    3. Disana ditulis Lovina di ciptakan oleh PanjiTisna, Aneh, Candi Borobudur abad ke 8 bisa diselidiki dan didapat asal usulnya. Aneh.
    Sekian.

  2. Jaya Seputra

    Anda telah memposting tulisan mengenai Lovina.
    Terima kasih

  3. Informasi yang bagus

  4. Saya setuju kalau sejarah nama pantai lovina itu diambil dari kata love dan ina yang artinya cinta indonesia🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: