Seputar Mahkota Rambut Pria dan Wanita


Evi saptriyawati 2010

Merokok dapat menyebabkan kerontokan rambut dan rambut beruban. Elemen-elemen beracun dalam asap rokok dapat merusak DNA folikel rambut kita, dan juga-juga pembuluh-pembuluh darah tipis di rambut dan kulit. Faktor ini dan mekanisme lainnya dapat mempercepat proses penuaan dini.

Perpaduan rambut beruban dan alis mata gelap bias dianggap mencolok dan seksi (bayangkan Sean Connery). Akan tetapi para lelaki dengan perpaduan warna seperti ini beresiko tinggi terkena diabetes, berdasarkan sebuah studi terkini di Jerman.

Kening yang tinggi dianggap sebuah tanda kecantikan pada masa Elizabethan di Inggris. Para wanita yang sadar mode mencukur atau mencabuti rambut depan mereka untuk mendapatkan penampilan ini. Mereka juga menggunakan perbna yang dicelupkan ke dalam cuka dan menggosokkannya pada kotoran kucing sebagai obat penghilang rambut.

Badan yang berbulu dan lengan yang kaku dengan rambut, menjanjikan sebuah pribada yang jantan (Juvenal-Penyair Romawi Kuno).

pada abad ke-16, tsar Rusia Ivan si Bengis mengumumkan bahwa mencukur janggut adalah perbuatan dosa. Ketika Peter yang Agung mengambil alih pimpinan, dia percaya bahwa wajah yang dicukur merupakan tanda kemajuan. Dia mengganggap janggut itu kuno dan menggelikan. Dia sendiri memotong janggut para bangsawannya dan mengenakan “pajak janggut” pada lelaki yang terus memeliharanya. Pendeta dan petani adalah pengecualian.

Lanugo rambut halus yang menutupi tubuh bayi yang baru lahir kadang-kadang terlihat pada orang dewasa. Jika ini terjadi, mungkin ini tanda adanya gangguan makan anoreksia nervosa.

Perempuan dengan androgen yang berlebihan karena kondisi-kondisi seperti PCOS atau sindrom Cushing berisiko menderita kanker uterus, resistansi insulin, dan tingkat kolesterol yang tinggi. PCOS juga mungkin tanda peringatan awal adanya penyakit jantung.

Apabila Anda mengalami rambut yang tumbuh berlebihan, berjerawat dan juga sangat mudah lelah dan sakit, Anda mungkin menderita hepatitis kronis atau gangguan serius lainnya.

Vivian Wheeler, yang menderita hirsutisme, dipaksa oleh ibunya untuk bercukur pada usia 7 tahun. Setelah Ibunya meninggal pada awal tahun 1990-an dia meninggalkan rutinitas mencukur yang sangat membosankan tersebut. Dalam beberapa tahun janggutnya tumbuh sampai 27 cm. dia bergabung dengan sebuah pertunjukan “orang-orang aneh” setempat dan bahkan masuk dalam Guiness Book of World Records.

Perempuan anggota keluarga lelaki yang sangat berbulu mungkin berisiko terkena PCOS

(Dirangkum dari : Smith dan Egan. 2008. Sinyal-Sinyal Bahaya Tubuh Anda BODY SIGNS Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki. Jakarta Selatan: PT. Cahaya Insan Suci).

Categories: Kesehatan | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: