Polemik ditengah Penandatanganan AFTA dan CAFTA


Evi saptriyawati 2010

photo deptan.go.id

Indonesia yang merupakan salah  satu anggota  ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan China-Asean Free Trade Area (CAFTA), bagi sebagian besar masyarakatnya, perjanjian yang ditandatangani pada AFTA dan CAFTA tersebut sangat berpengaruh buruk bagi produsen lokal. Karena selama ini masyarakat kita Indonesia telah mencoba menahan masuknya para importir asing yang memasok produk mereka ke dalam negeri. Namun, ada sisi positif juga bila perdagangan bebas ini dilakukan. Kinerja ekspor produk kita keluar negeri dapat ditingkatkan dengan cara penguatan produk domestik dan membendung produk asing.

photo facebook.com

Perjanjian ini menegaskan pentingnya suatu produktifitas diiringi asas persamaan, keadilan, perlindungan hak-hak asasi manusia dan lingkungan hidup. Perdagangan bebas sendiri sebenarnya bentuk penjabaran ekonomi suatu Negara yang mekanisme kebijakan perekonomiannya diserahkan kepada kebijakan pasar. Intinya adalah akumulasi modal dengan keniscayaan memperoleh keuntungan secara maksimal karena pasar mengatur dirinya sendiri.

Secara tidak kita sadari, sesungguhnya perdagangan bebas ini membuat perekonomian meningkat empat kali lipat. Memacu pertumbuhan ekonomi dan nilai ekspor hampir dua sampai tiga kali lipat tiap tahunnya. Akan tetapi kita juga peelu waspada dan tanggap dalam memanfaatkan peluang tersebut. Strategi yang baik dalam memenangkan pasar sangat diperlukan disini.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan menerapkan standar untuk produk dalam negeri. Ini merupakan hal mutlak Karen perdagangan bebas sangat menitik beratkan transparansi tentang semua program dan peraturan yang berpengaruh langsung terhadap perdagangan internasional. Maka harus ada standar atau kesepakatan internasional yang menjadi tolak ukur transparansi tersebut.  Standarisasi melindungi produk Nasional itu merupakan hal mutlak. Terlebih dari produk impor yang murah dan tidak memenuhi standar.

Categories: Lintas Cakrawala | Tags: , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: