Kedipan Mata Mu


Evi saptriyawati 2010

Kedipan mata identik dengan seorang yang sedang menggoda pasangannya atau sinyal bagi lawan. Yang lebigh bahaya apabila kedipan tersebut terjadi secara tak sadar dan lawan bicara atau orang yang kebetulan berada disebelah kita mengira itu sebuah godaan untuk dia. Yang lebih bahaya apabila oarng yang disebelah kita itu istri atau suami orang. Bisa salah sangka kan jadinya😛. Jangan cemas, segeralah berpura-pura mengucek mata seperti orang yang sedang membersihkan mata yang sedang kelilipan.

Bahkan sebagian besar masyarakat kita mengatakan, kalau mata berkedut artinya ada yang kangen atau kiat sedang diperbincangkan oleh orang lain. Terserah persepsi orang. Secara medis ini merupakan lid myokymia yitu suatu kejang kelopak mata yang terjadi di luar kemuan dan tidak berbahay, namun menjengkelkan dan menggangu. Kedutan mata dapat terjadi pada kelopak mata bagian atas dan bawah.

Lelah, stress, dan over cafein dapat memicu kedutan. Menatap layar komputer, televisi,  atau cahaya berkelip-kelip lainnya. Kedutan tersebut hanya akan terjadi selama beberapa detik, dan mungkin terjadi dalam beberapa hari sekali. Bisa datang dan pergi tanpa kita sadari.  Rata-rata, suatu kedipan berlangsung selama sepertiga detik, dan kita verkedip sekitar 15 kali dalam satu menit. Berarti kira-kira satu kedipan setiap empat detik. Walaupun tidak berbahaya, lid myokymia bisa menjadi  tanda awal sindrom Meige atau blefarospame, yang sering tertukar.

Namun, pada blefarospame kelopak mata berulang kali menutup rapat-rapat dan bukannya berkedip. Mata juga sering mengalami iritasi dan sangat sensitive terhadap cahaya. Tidak seperti myokymia, blefarospasme yang tidak diobati dapat menimbulkan kerusakan penglihatan yang parah.

Sindrom Meige dinamai dari Henry Meige, seorang ahli saraf asal Prancis yang pertama kali memaparkan kondisi ini pada tahun 1910. Tetapi kondisi ini telah dikenal berates-ratus tahun sebelumnya. Memang dalam lukisannya. De Caper, seniman Flemish yang terkenal Brueghel (1525-1569) menggambarkan seorang perempuan yang leher dan wajahnya berubah oleh kondisi ini. Istilah Sin drom Brueghel juga digunakan bersama dengan sindrom Meige.

Dalam beberapa kebudayaan, berkedip adalah cara lain untuk melontarkan mata jahat pada seseorang. Dan istilah blinker (pengedip tersebut digunakan di beberapa bagian pedesaan Inggris untuk menggambarkan mereka yang kerakusan mata jahat. Bahkan sapi-sapi yang sakit pun dikatakn “berkedip”, karena disangka mata jahat telah mengenai mereka. (Referensi:  Sinyal-Sinyal Bahaya Tubuh Anda BODY SIGNS Dari Ujung Rambut Hingga Ujung Kaki. 2008).

Categories: Kesehatan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: