Pemindaian Perdana Planet Venus


photo 7art-screensavers.com

Evi saptriyawati 2010

Mariner 2 melakukan pemindaian suara pertama kali dari angkasa untuk planet Venus pada tahun 1962. Misi ini menjadikan wahana luar angkasa tersenut berada lebih dekat dengan Venus daripada sebelumnya. Kontak radio berhasil diterima sekitar pukul 19.00 GMT, suaranya terdengar seperti perpeduan nada yang aneh ketika diterima di Stasiun Goldstone, California. Pemindaian berlangsung sekitar 40 menit lebih, mencari emisi panas dan gelombang mikro yang menrobos planet berselimut awan tersebut.

Hasil pemindaian akan dianalisis untuk melihat apakah ada hal-hal yang mengindikasikan sebuah bentuk kehidupan di Venus, Administrator NASA mengategorikan misi 110 hari Mariner 2 sebagai sebuah sukses yang belum memadai karena keberhasilan dan kegagalan yang hampir sama banyaknya.

Siostem observasi pesawat bekerja dengan baik. Buktinya, tidak pernah ada sinyal radio yang bisa ditransmisikan dengan sukses pada jarak sejauh itu. Namun, kesuksesan misi juga tidak terlepas dari banyaknya kendala. Seperti kegagalan perangkat pemberi perintah untuk memicu radiometer, masalah hilangnya kendali pesawat karena berbenturan dengan benda-benda angkasa, dan kegagalan panel surya sebagai sumber tenaga yang mengakibatkan matinya instrumen ilmiah pesawat selama sepekan.

photo dailygalaxy.com

Akan tetapi pada akhirnya, Mariner berada pada posisi yang cukup dekat dengan matahari sehingga pesawat bisa beroperasi walau hanya menggunakan satu panel. Peristiwa yang paling mengancam terjadi ketika kapsul angkasa mengalami overheating karena berada pada wilayah bertemperatur tinggi, bahakan melampaui batas yang ditetapkan para ilmuwan. Untungnya, instrumen pesawat masih mampu bekerja di bawah kondisi panas tadi.

Categories: Ilmu Pengetahuan | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: