Kembalinya Kertas Kraft Aceh


Evi saptriyawati 2010

photo id.wikipedia.org

kertas Kraft Aceh merupakan BUMN yang berdiri pada tahun 1983 di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Kertas Kraft Aceh bergerak di industry pembuatan kertas kraft dengan kapasitas produksi terpasang 135 ribu ton per tahun. Operasi pabrik selama 2005-2009 mengalami pasang surut. Hingga akhirnya sejak Desember 2007 hingga sekarang berhenti beroperasi.

Pengoperasian kembali BUMN Kertas Kraft Aceh ini merupakan bentuk revitalisasi atau penyelamatan terhadap BUMN yang telah merugi. Kesinergisan empat BUMN, PT Semen Gresik Tbk, PT Tambang Batu Bara Bukit Asam Tbk, Perum Perhutani, dan PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) ini lah yang menghidupkan kembali roda perusahaan Kraft Aceh yang pernah masuk daftar BUMN yang dilikuidasi. Namun, setelah ada pencerahan terhadap pasokan bahan baku kertas, keputusan untuk melikuidasi perusahaan ini dicabut. Tidak sedikit dana yang dikeluarkan untuk pengoperasian kembali BUMN ini, sekitar Rp 850 miliar sharus dikucurkan.

 

photo indonesia-oslo.no

Peran serta Semen Gresik disini adalah sebagai pembeli (off taker) produk kertas Kraft Aceh. Sedangkan Bukit Asam akan memasok batu bara untuk pabrik kertas ini. Perhutani akan bersedia secara pribadi atau bekerjasama dengan PPA memberikan control terhadap pasokan bahan baku pinus. PPA telah mengupayakan restrukturisasi dan revitalisasi Kertas Kraft Aceh. Agustus 2009 lalu, Rp. 125,72 miliar pinjaman telah diberikan PPA kepada Kertas Kraft Aceh. Dana ini merupakan dana talangan yang digunakan perusahaan untuk kompensasi pemutusan hubungan kerja atau (PHK) 685 karyawannya.

semoga dengan pengoperasian kembali pabrik Kertas Kraft Aceh ini mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Aceh pada umumnya dan masyarakat Aceh Utara pada khususnya. Paling tidak ada kesempatan kerja baru. Kita tunggu realisasinya.

Categories: Lintas Cakrawala | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: