Penanaman dan Manfaat Tanaman Obat di KP Cicurug


Evi saptriyawati 2010

Plasma nutfah tanaman obat yang ada di kebun percobaan Cicurug (Lampiran 3) antara lain:

1. Anuma (Artemisia annua L.)

Tanaman ini biasanya hidup di hutan-hutan atau tumbuh liar di pinggir jalan. Artemisia yang ada di kebun percobaan Cicurug  hanya ada 1 aksesi dan ditanam pada dua lahan dengan ketinggian yang berbeda. Lahan pertama di kebun percobaan Gunung Putri dan lahan kedua di kebun percobaan Cicurug. Tanaman ini tumbuh pada lahan yang terkena langsung sinar matahari serta dekat dengan sumber air, sehingga memudahkan untuk penyiraman.

Suku Asteraceae ini sangat bermanfaat sebagai obat demam dan anti malaria karena daun atau seluruh bagian tanaman mengandung saponin, flavonoida, polyfenol, dan minyak atsiri. Artemisia memiliki morfologi yang sangat menarik dan eksotik, sehingga tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias (Redaksi Agromedia 2008).

 

2. Babandotan (Ageratum conyzoides L.)

Babandotan merupakan salah satu plasma nutfah tanaman obat yang dikonservasi di kebun percobaan Cicurug. Tanaman ini hanya terdapat 1 aksesi dan tumbuh beberapa tanaman saja di pekarangan depan rumah penjaga kebun dan ternaungi oleh tanaman lain.

Manfaat babandotan adalah sebagai stimulant, tonikum, pereda demam, antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan perdarahan, peluruh haid, peluruh kencing, dan pelumuh kentut. Daun babandotan dapat juga digunakan sebagai insektisida nabati, obat luka baru, wasir, dan diare. Akarnya bermanfaat menurunkan panas dan disentri (Dewi et al. 2007).

3. Belimbing wuluh (Averrhoa  bilimbi L.)

Belimbing wuluh ditanam di belakang gudang dan hanya terdapat satu pohon yang berasal dari satu aksesi sebagai koleksi plasma nutfah tanaman obat. Tanaman ini tumbuh tegak dan tidak ternaungi oleh tanaman apapun juga, sehingga cukup mendapatkan sinar matahari.

Bunga, daun, dan buah belimbing wuluh sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain, mengendalikan diabetes atau mengontrol insulin dan gula darah, mengobati penyakit rematik, menurunkan tekanan darah, mengobati penyakit gondongan, mengobati cacar air, demam, dan wasir. Belimbing wuluh juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah kanker, dan mempelancar saluran pencernaan, serta mencegah konstipasi (Wirakusumah 2007).

 

4. Beluntas (Pluchea indica (L.) Less)

Terdapat 146 batang beluntas yang berasal dari satu aksesi. Tanaman ini ditanam di pinggir jalan menuju kebun jagung. Tanaman ini tumbuh di lahan terbuka namun sedikit mendapatkan naungan tanaman pala.

Daun beluntas berkhasiat meningkatkan nafsu makan, membantu pencernaan, meluruhkan keringat, meredamkan demam, dan menyegarkan badan. Akarnya berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk. Beluntas dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, bau mulut, kurang nafsu makan, gangguan pencernaan anak, TBC kelenjar, nyeri pada rematik, nyeri tulang, sakit pinggang, demam, datang haid tidak teratur, dan keputihan (Dalimartha 2005).

5. Cabe jawa (Piper sarmentogum Roxb.chavica)

Tanaman ini tumbuh melilit pada batang pohon, di tanam di lahan terbuka dan tanpa naungan. Terdiri atas dua aksesi, ada beberapa tanaman yang ditanam di pinggir jalan menuju kebun dan ada beberapa aksesi yang ditanam di pekarangan dekat rumah kaca.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah buah dan akar cabe jawa. Buahnya dapat mengobati penyakit ulu hati, muntah…[Laporan Kegiatan Praktek lapang]

 

 

Full Text e-mail : saptriyawati.evi@gmail.com

Categories: My Scientific research | Tags: , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Penanaman dan Manfaat Tanaman Obat di KP Cicurug

  1. tazkia tunnisa

    wwwwwooooowwwww😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: