Ada Bunga Ada Semut


Evi saptriyawati 2010

Seperti pepatah “ADA GULA ADA SEMUT”;“ADA BUNGA ADA KUMBANG”.

Normalnya, dimana ada gula disitu ada semut tapi faktanya semut juga ada di bunga. Ini mungkin saja terjadi, karena sari bunga yang terdapat pada bunga bersifat manis. Untuk lebih jelasnya, mari kita bedah apa itu Bunga.

Bunga merupakan makhluk hidup yang termasuk kedalam Kingdom Plantae (tumbuhan). Ciri khas suatu bunga yaitu memiliki 4 bagian utama: daun kelopak, daun mahkota, benang sari, dan putik yang kesemua bagian tersebut terpaut pada suatu ujung batang yang disebut penyangga.

Kelopak berfungsi untuk melindungi bagian-bagian bunga seperi kuncup bunga yang belum berkembang sempurna. Daun-daun berwarna cerah dan indah dipandang mata merupakan mahkota bunga yang berfungsi memikat serangga. Serangga memainkan peranan penting bagi penyerbukan. Nah apakah semut termasuk serangga? Mari kita bahas terlebih dahulu bagian bunga lainnya.

Mahkota bunga memiliki warna-warna yang cerah dan menarik sehingga dapat memikat serangga, bahkan burung-burung tertentu. Bahkan daun-daun mahkota bunga ini mengeluarkan nektar atau yang sering kita sebut sari bunga. Nektar atau sari bunga inilah yang dicari oleh lebah, kupu-kupu, burung, dan serangga-serangga pengunjung lainnya. Hali ini dikarenakan nektar atau sari bunga tersebut mengandung zat-zat seperti glukosa yang sifatnya manis.

Benang sari merupakan organ bunga jantan. Terdiri atas sebuah tangkai atau filamen ramping, yang ujungnya menyangga satu kepala sari yang membesar. Serbuk sari dihasilkan dari kepala sari tersebut. Yang kemudian akan membentuk sperma.

Putik merupakan organ betina, bentuknya menyerupai seperti botol dengan tiga bagian yang berbeda. Pada bagian pangkal terdapat bakal buah, yang merupakan tempat tumbuh kembangnya telur yang akan berkembang menjadi biji. Bagian ke-dua berupa tangkai putik. Dan yang terakhir yaitu kepala putik.

 

 

Nah, semut itu sendiri termasuk Kingdom Animalia (Hewan) yang termasuk kedalam Ordo Hymenoptera yang merupakan serangga sosial atau kelompok serangga yang paling berkembang. Jadi tidak salahkan apabila semut juga ada dan tertarik dengan bunga. Karena sari bunga yang ada pada bunga tersebut merupakan salah satu makanan semut.

Categories: Nature | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: