Bromo siap meluapkan isinya


sumber foto kaskus.us

Evi saptriyawati 2010

Seperti yang diberitakan http://news.id.msn.com, status gunung Bromo kini berganti status dari “AWAS” ke “SIAGA”.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Bencana Geologi PVMBG Gede Suantika, bila dalam sepekan ke depan gempa vulkanik tidak muncul, maka status sudah bisa diturunkan. “Bila gempa vulkanik sudah tidak ada dan gempa tremor maksimal 1 milimeter, maka status bisa diturunkan ke level tiga, yakni siaga,” katanya, Rabu (1/12/2010).

Dia juga menyebutkan, kondisi lain yang bisa mendukung penurunan status Gunung Bromo adalah berubahnya warna asap yang dikeluarkan menjadi putih. Keluarnya asap berwarna putih itu menunjukkan tekanan energi dari dalam mulai mengecil. Selain itu, pengukuran yang dilakukan pada punggung Gunung Bromo juga menunjukkan tingkat deformasinya mengalami penurunan.

“Kami juga melakukan pengukuran pada Gunung Batok dan Gunung Kursi yang berada di sekitar Bromo, tidak ditemukan penggembungan, artinya aktivitas vulkanologi di kawasan ini mulai normal,” cetusnya.

Namun pihaknya tetap menyarankan agar masyarkat tidak menurunkan tingkat kewaspadaan dan mengenai penurunan status, yang berhak melakukannya adalah kantor pusat mereka di Bandung. Pihaknya hanya melaporkan data terakhir saja sedangkan analiasa dan penentuan adalah tugas PVMBG Bandung.

Categories: Nature | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: