Tampil Sehat dan Bugar Di musim Pancaroba


Evi saptriyawati 2010

Sakit???  siapa sich yang mau keadaan seperti ini. Bukan manfaat yang kita dapatkan, malah tubuh yang lemah tak berdaya dan segudang aktivitas yang tertunda untuk diselesaikan. Terutama bagi kita yang sehari- hari nya bekerja dari pagi hari sampai menejelang senja di luar rumah. Terutama di musim pancaroba seperti sekarang ini, sebentar hujan, sebentar panas, bahkan di daerah yang curah hujannya lebih besar. Perlu perhatian besar agar tubuh kita selalu fit. Berikut sedikit tips yang dapat dilakukan, semoga bermanfaat🙂

Sumber Foto rumahwanita.com

 

  1. Biasakanlah bangun pagi sebelum subuh. Biasakan berolahraga minimal 15 menit, dapat dilakukan di dalam atau di luar rumah. Karena udara pagi merupakan udara yang paling bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi. Dedaunan masih menghasilkan produk O2 terbaiknya.
  2. Dapat juga melakukan meditasi sekitar 15 menit di kamar, teras rumah, atau tempat-tempat yang anda anggap tenang dan dapat membuat pikiranan Anda tenang.
  3. Ketika bangun tidur biasakanlah meminum segelas air putih dan memakan sebutir apel hijau, yang bertujuan mengelurkan toksin atau racun dari tubuh Anda setelah seharian mengkonsumsi berbagai macam makanan.  
  4. Biasakan lah mandi di pagi hari, selain membuat badan segar, pikiran pun akan semakin segar.
  5. Terutama bagi Anda yang menderita batuk dan pilek, sebaiknya biasakan diri Anda untuk mandi di subuh hari. Dijamin batuknya akan cepat hilang, asal dilakukan dengan rutin.
  6. Jangan pernah membiasakan diri Anda tidur lagi setelah salat subuh maupun Asar. Selain dapat menyebabkan kemalasan, tubuh anda juga akan tersa kurang bergairah, dan dapat menyebabkan penyakit kuning atau hepatitis B. Sunnah Rasul juga menganjurkan kita untuk bangun di subuh hari dan jangn pernah tidur lagi setelah subuh maupun asar. Agar kita terhindar dari penyakit berbahaya ^_^
  7. Milikilah Kuantitas tidur yang cukup dengan Kuantitas yang baik.
  8. Berhentilah merokok maupun mengkonsumsi minuman beralkohol. Bila susah, kurangilah, pelan tapi pasti.
  9. Penuhi asupan Gizi Anda dengan empat sehat dan disempurnakan dengan susu.
  10. Cobalah untuk mengkonsumsi air putih 2-3 liter per hari untuk membantu mengelurkan racun dari tubuh. terutama bagi penderita DBD, malaria, dan yang mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi.
  11. Konsumsi Suplemen atau tambahan vitamin jika dipelukan, terutama Vitamin C.
  12. Biasakn mandi 2 kali sehari sehabis beraktivitas.
  13. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, dan sehabis dari kamar kecil.
  14. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar, terutama kamar tindur, kamar mandi, dapur, dan gudang yang merupakan tempat paling nyaman bagi tumbuhnya bakteri dan sumber penyakit.
  15. Buanglah sampah setiap hari.
  16. Jaga kebersihan makanan, hindari makan sembaranagn terutama makanan pinggir jalan yang banyak dihinggapi lalat.
  17. Bersihkan ventilasi rumah, gorden, sofa, dan tempat tidur dari debu setiap harinya.
  18. Apabila Anda dengan debu, gunakanlah masker tiap berpergian dan gantilah baju Anda bila sudah berkeringat.
  19. AC juga sangat perlu di bersihkan setiap harinya.
  20. Segera konsultasikan ke Dokter jika sakit lebih dari 3 hari.
  21. Jangan biasakan minum obat apabila sakitnya dapat disembuhkan dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

 *Ingat sakit jangan dimanja dengan obat, bisa resisten (oleh Evi saptriyawati 2010)*

Categories: Kesehatan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: