Operasi Tonsil dan Adenoid Pada Anak


Evi saptriyawati

photo klikdokter.com

Tonsil dan adenoid adalah sekumpulan besar jaringan limfoid di bagian belakang faring yang memiliki keaktifan imunologik. Kedua kelenjar ini memiliki fungsi menjebak kuman dan mencegah anak jatuh sakit. Jadi tonsil dan adenoid merupakan benteng pertahanan anak dalam melawan penyakit. Terkadang tonsil dan adenoid kewalahan juga terhadap penyerangan asing dan terinfeksi sediri. Inilah yang menyebabkan tonsillitis dan infeksi adenoid.

Anak-anak cenderung mengalami masalah dengan ukuran tonsil disbanding orang dewasa. Kelenjar membesar dalam 5-7 tahun pertama kehidupan dan kelenjar memenuhi runag yang relative kecil di dalm tenggorokan anak. Tonsil dan adenoid yang membesar dapat menghalangi saluran pernapasan anak saat tidur (sleep apnea), yaitu suatu kondisi dimana anak berhenti bernapas sejenak dan sering terjaga dimalam hari.

Dari seluruh operasi tonsil (tonsillectomy), 60-80% dilakukan karena adenoid menghalangi saluran udara dan menyebabkan masalah tidur. Ini karena otot disekitar tonsil dan adenoid berelaksasi, dan otot tersebut jatuh disekitar jaringan tonsil, menyebabkan anak terkejut dan terbangun sejenak. Keadaan ini akan membaik setelah tonsilnya diangkat, anak pun akan lebih fokus dalam kegiatannya di siang hari.

Jika tonsillectomy dilakukan, kemungkinan adenoid anak juga akan diangkat. Karena tonsil yang besar atau terinfeksi menyebabkan masalah, sama halnya dengan adenoid. Akan tetapi, jika adenoidnya yang bermasalah (menyebabkan infeksi telingan misalnya), kemungkinan tonsilnya tidak bermasalah sehingga ketika operasi adenoid dilakukan, maka tonsil tidak perlu diangkat. Dan karena waktu pemulihan untuk pengangkatan tonsil lebih lama, dokter biasanya akan menyisakan tonsil saat melakukan operasi pengangkatan adenoid.

Keropeng alami akan terbentuk pada daerah tersebut setelah operasi ini dilakukan. Jadi berhati-hatilah akan pendarahan yang terjadi dalam minggu pertama atau kedua setelah operasi, ini pertanda keropeng tidak terbentuk dengan baik. Jaga anak agar mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga membantu lapisan selpaut lendir tetap lembab dan mencegah keropeng mongering dan gugur lebih cepat.

Berikan anak makanan lembek seperti pudding atau Jell-O dan perbanyak cairan. Hindari makan seperti roti bakar atau kraker yang dapat membuat tenggorokan anak teriritasi, minuman panas juga jangan diberikan dulu.

Rasa nyeri akan dirasakan anak selam 10 hari pasca operasi, jadi obatilah sesuai aturan. Studi baru dari University of California, Irvine, menunjukakan bahwa orang tua tidak melakukan hal ini walaupun 86% orang tua mendeskripsikan rasa nyeri anak mereka sangat signifikan dan dokter telah mendorong mereka menggunakan resep asetaminofen dengan kodein. Hampir seperempat anak tidak mendapatkan pengobatan atau hanya satu dosis di hari pertama mereka di rumah dan dosis di bawah 3 dalam 2 minggu penuh setelah operasi. Namun bebas nyeri dapat mengurangi resiko komplikasi, kata penulis studi Zeev Kain, MD. Tidak perlu takut si kecil akan menjadi kebal terhadap obat tersebut.

Penyembuhan akan memakan waktu 2 minggu, dan selam ini biarkan anak Anda aktif sambil mengatur diet sehat. Setelah operasi anak bisa makan dan mencium dengan lebih mudah, serta mengecap makanan dengan baik.

About these ads
Categories: Ibu dan Anak | Tags: , , , | 9 Comments

Post navigation

9 thoughts on “Operasi Tonsil dan Adenoid Pada Anak

  1. David

    Dear Mba Evi, terima kasih atas postingnya yang sangat berguna…!

  2. elisa

    anak saya 4 tahun, oleh dokter disarankan untuk operasi adenoid karena sinus yang tidak bisa keluar, tapi saya kuatir mengingat fungsi adenoid sebagai penyaring virus, apakah kalau diangkat tidak menurunkan sistem imun/ daya tahan tubuhnya? terima kasih sebelumnya

    • sebelumnya langkah pengobatan dan tindakan medis apa saja yg sudah dilakukan dokter mbak?

      banyak hal yg terkadang disarankan untuk operasi tp bila disembuhkan secara herbal/alami malah lebih baik dna tanpa efek samping

  3. reyhan

    obat herbal yang untuk menyembuhkan adenoid apa saja ?

  4. nana

    mbk,sebenernya adenoid sama tonsil itu sama nggak ya mbak?

    • Mereka memang sama 2 masuk ke system lympatyk… tp mereka beda. Klo tonsil da dua dikiri kanan bagian belakang mulut sedangkan tonsil diatas nya dibelakang rongga hidung

  5. Anak saya juga usia 2 thn adenoidnya kena,membesar kl tdk salath kata dokter THT…utk saat ini msh diberikan obat berupa spray nasal…mdh2an lambat laun adenoid nya mengecil…aamiin….

    • Aamin mudah 2dedek cepat sembuh ya mbak. Jika ada obat herbal dicoba aja mbak. Kasian dedeknya jika lama 2 dikasih obat kimia trz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: